Solusi Mengatasi Mikrofon HP Tidak Berfungsi

Bagaimana cara mengatasi mikrofon HP yang tidak berfungsi? Kita patut bersyukur karena hidup di zaman yang serba modern dan canggih. Kini aktivitas apapun bisa dilakukan dengan sangat mudah atau minimal lebih mudah daripada sebelumnya. Termasuk untuk bercakap-cakap dan berkirim kabar ke seseorang yang berada nun jauh di sana. Kita dapat memanfaatkan handphone untuk melakukan sambungan telepon jarak jauh. Cukup menekan nomor telepon tujuan, menunggu beberapa saat, lalu kita pun langsung bisa terhubung dengannya.

Tetapi apa jadinya kalau saat Anda sedang asyik-asyiknya mengobrol melalui handphone, orang yang menjadi lawan bicara tiba-tiba mengatakan kalau dia tidak bisa mendengar suara Anda? Dia berkali-kali memberitahukan kalau suara Anda tidak bisa terdengar. Padahal Anda sendiri bisa mendengarkan suaranya dengan jelas. Besar kemungkinannya masalah tersebut disebabkan oleh HP Anda yang bermasalah. Penyebabnya tidak lain adalah mikrofon yang mengalami error sehingga tidak bisa menangkap suara Anda, mengolahnya, lalu meneruskannya ke lawan bicara.

mikrofon-hp-tidak-berfungsi.jpg

Anda harus merasa tenang terlebih dahulu sebab masalah ini cukup mudah ditangani. Namun sebelumnya, Anda perlu memastikan apakah mikrofon tersebut benar-benar sudah mati atau hanya mengalami gangguan atas sebab faktor-faktor tertentu. Berikut ini cara memeriksanya.

Coba Lakukan Telepon

Anda bisa menyiapkan HP yang dianggap rusak mikrofonnya dan sebuah HP lagi yang telah dipastikan kondisi semuanya benar-benar normal. Lakukan sambungan telepon dari HP yang bermasalah ke HP yang normal. Pastikan fitur suara pada HP Anda tidak dibuat bisu. Cobalah mengatakan sesuatu sekeras mungkin dari HP yang rusak tersebut. Jika Anda tetap tidak mendengar suara apapun dari speaker HP yang normal, cobalah langkah yang berikutnya.

Rekam Suara Anda

Smartphone saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan berupa perekam suara atau recorder. Apabila HP Anda belum memilikinya, silakan download terlebih dahulu aplikasi ini di Play Store atau Apps Store. Setelah itu, cobalah buka aplikasi perekam suara tersebut. Pastikan volume suara sudah disetel di tingkat yang paling maksimal. Aktifkan fitur perekam suaranya. Anda bisa merekam suara sendiri menggunakan aplikasi ini. Bila suara Anda tetap tidak tertangkap di hasil rekamannya, kemungkinan besar mikrofon telah rusak.

Gunakan Earphone

Kebanyakan earphone telah dilengkapi dengan mikrofon kecil. Anda bisa menggunakan mikrofon tersebut untuk mengecek apakah masih bisa menangkap suara atau tidak. Sambungkan earphone ke HP Anda terlebih dahulu. Kemudian lakukan perekaman suara seperti langkah di atas. Apabila suara Anda dapat ditangkap di hasil rekamannya, cobalah pastikan sekali lagi dengan melakukan telepon namun kali ini tetap memakai earphone. Jika kini suara Anda terdengar di HP lain, maka dapat dipastikan kalau mikrofon bawaan HP Anda sudah rusak.

SOLUSI

Jika memang mikrofon HP Anda sudah tidak berfungsi, mau tidak mau Anda harus melakukan penggantian dengan mikrofon baru. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba membersihkan mikrofon tersebut terlebih dahulu barangkali masalah terjadi karena mikrofon diselimuti oleh kotoran yang cukup banyak. Coba bongkar HP Anda, lalu bersihkan mikrofon dan semua komponen yang terhubung. Bila mikrofon tetap tidak bisa berfungsi artinya mikrofon sudah rusak. Kerusakan dapat terjadi pada mikrofon itu sendiri atau komponen lain yang mendukung fungsinya.