Speaker Bluetooth Tidak Bisa Connect, Apa Penyebabnya?

Hidup terasa sepi tanpa adanya musik yang menemani. Alunan musik akan mengiringi langkah perjalanan kita di setiap langkah kehidupan, baik suka maupun duka. Demi mendukung suara musik tersebut, maka Anda bisa menggunakan bantuan speaker tambahan. Untungnya kini sudah tersedia speaker berteknologi bluetooth. Dengan menggunakan speaker ini, Anda tidak membutuhkan kabel lagi. Cukup sambungan HP dan speaker memakai bluetooth.

Di pasaran, tersedia banyak pilihan produk speaker bluetooth. Harganya pun tak terlalu mahal kok. Kami sudah pernah memberikan panduan bagaimana cara menyambungkan smartphone dengan speaker bluetooth pada artikel sebelumnya. Cuma masalahnya bagaimana kalau Anda sudah mencoba mengoneksikan antara HP dan speaker tersebut, namun hasilnya tetap nihil. Pasti ada suatu masalah di antara keduanya. Anda harus segera mengatasinya.

speaker-tidak-bisa-connect.jpg

Di bawah ini faktor-faktor yang dapat menyebabkan speaker bluetooth tidak bisa terhubung dengan smartphone Anda.

Smartphone Terlalu Sibuk

Ketika smartphone dinyalakan, pada saat itu juga komponen-komponen di dalamnya akan langsung bekerja. Untuk mendukung kinerjanya tersebut, maka smartphone membutuhkan RAM. RAM akan menampung data sementara. Begitu pula data yang diperlukan oleh HP untuk dapat tersambung dengan speaker akan ditampung di RAM. Tanpa RAM yang memadai, HP akan terlalu sibuk saat memproses perintah HP. Akibatnya perintah Anda agar HP menyalakan bluetooth dan melakukan pencarian perangkat terdekat tidak dilaksanakannya. Anda bisa mencoba restart HP tersebut agar segar kembali.

Memori Smartphone Penuh

Jangan salah pilih dalam membeli smartphone. Anda harus tahu kalau fungsi smartphone di zaman sekarang sudah begitu kompleks. Oleh sebab itu, smartphone tersebut harus memiliki ruang penyimpanan yang lapang agar mampu melakukan semua fungsi tersebut. Tanpa ada memori yang memadai, maka beberapa fungsi HP pun tak dapat dikerjakannya. Bahkan untuk sekadar mendukung fitur bluetooth pun tidak mampu dia lakukan. Solusinya Anda bisa mencoba mengosongkan memori dengan menghapus beberapa file yang sudah tidak penting. Aplikasi-aplikasi yang sudah lama tidak dibuka pun sebaiknya dihapus saja.

Speaker sedang Error

Kalau smartphone Anda normal-normal saja namun tetap tidak bisa disambungkan dengan speaker bluetooth, maka kemungkinan besar masalahnya terdapat pada perangkat speaker tersebut yang memang sedang error. Bukan rusak, melainkan error sedikit sehingga membuat fitur bluetooth bawaannya tidak dapat terhubung dengan bluetooth HP, padahal menyala dengan normal. Anda bisa mengatasi error tersebut dengan mematikan speaker kemudian mendiamkannya untuk sementara waktu. Setelah itu, nyalakan speaker tersebut kembali.

Bluetooth sudah Rusak

Kalau speaker bluetooth bisa menyala  dengan baik yang ditandai dengan lampu indikatornya masih menyala, tetapi speaker tersebut tidak dapat dikoneksikan dengan smartphone, maka bisa jadi kalau fitur bluetooth bawaannya memang sudah rusak. Hal ini mengakibatkan speaker tersebut memang menyala, tapi tidak ada bluetooth yang melengkapinya karena sudah rusak. Anda bisa mengeceknya memakai beberapa smartphone. Apabila nama bluetooth speaker tadi tetap tidak terdeteksi oleh semua smartphone berarti memang bluetooth-nya sudah rusak. Coba Anda ganti komponen bluetooth di dalam speaker ini untuk memperbaikinya.