Tips agar Kinemaster bisa Menghasilkan Video Full HD (FHD)

Sebagai pengguna smartphone, Anda mungkin berkeinginan untuk mengedit video di HP? Memang sih HP jauh lebih praktis daripada komputer maupun laptop. Kita bisa membawanya ke mana pun dengan mudah. HP juga terasa nyaman dioperasikan di mana saja. Tidak harus di atas meja, bahkan Anda tetap bisa bekerja di taman dengan nyaman apabila menggunakan HP. Itulah sebabnya, soal mengedit video pun lebih Anda percayakan memakai smartphone.

Kini semakin banyak aplikasi smartphone berbasis android yang dapat dipakai untuk pekerjaan editting video. Salah satu program yang terkenal adalah Kinemaster. Anda bisa mengunduhnya di Play Store. Kami juga merekomendasikan Kinemaster kepada Anda karena memang aplikasi ini satu-satunya aplikasi untuk editting video yang kami instal. Sejauh ini, Kinemaster sudah mempunyai fitur yang cukup mumpuni untuk keperluan mengedit video yang akan diupload ke YouTube.

Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Kinemaster di antaranya :

  • Multiple layer untuk video, gambar, stiker, efek spesial, teks, dan tulisan tangan.
  • Mode penyamaran untuk menciptakan ilusi dan efek yang indah.
  • Penambahan pesan suara, musik latar, dan efek suara.
  • Peralatan mengedit yang memadai seperti trim, splice, dan crop video.
  • Toko khusus yan menyediakan musik, klip grafis, huruf, stiker, transisi, dan banyak lagi yang diperbaharui setiap minggu.
  • Kontrol kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat gerakan video.
  • Volume otomatis, ducking, dan pengaturan volume yang dapat disesuaikan.
  • Peralatan untuk animasi bingkai dan penambahan motion pada layer.
  • Mendukung banyak aspek rasio.
  • Video ekspor sampai kualitas 4K (2160p) video pada 30 fps.

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengguna baru Kinemaster yaitu kualitas video yang diedit menggunakan aplikasi menurun setelah hasilnya diekspor. Padahal file mentah video tersebut terlihat jernih. Namun setelah diedit menggunakan Kinemaster, videonya malah tampak buram. Penyebab masalah ini sebenarnya sepele yaitu pengguna belum mengubah pengaturan bawaan aplikasi. Perlu Anda ketahui, setting bawaan Kinemaster yaitu menghasilkan file video yang berkualitas HD (720p).

Padahal Kinemaster sendiri sudah mampu menghasilkan video dengan kualitas 4K (2160p). Namun saat ini masih sedikit smartphone yang bisa digunakan untuk menghasilkan video yang berkualitas 4K. Jadi untuk alternatifnya, Anda bisa mengatur supaya Kinemaster menghasilkan video dengan kualitas FHD (1080p) atau QHD 1440p. Tapi pada kesempatan kali ini kita akan memilih kualitas FHD. Adapun spesifikasi video yang berkualitas Full HD yaitu 1920 x 1080 piksel. Untuk sekarang, video dengan kualitas FHD sudah terbilang jernih dan layak dibagikan ke YouTube. Ukurannya yang lebih kecil dari QHD juga akan menghemat kuota internet Anda saat mengunggahnya.

Terus bagaimana caranya supaya Kinemaster yang sudah diinstal bisa menghasilkan video FHD? Ikuti petunjuknya di bawah ini!

    1. Bukalah aplikasi Kinemaster di HP Anda.

tips-agar-kinemaster.jpg

    1. Klik icon bergambar gigi roda untuk masuk ke pengaturan.

tips-video-full-hd.jpg

    1. Scroll sampai ke bagian paling bawah. Klik Advanced and Experimental Settings.

kinemaster-bisa-menghasilkan-video.jpg

    1. Klik Continue Anyway.

kinemaster-video-full-hd.jpg

    1. Geser ke On pada pilihan Allow export frame rates higher than 30fps.

agar-video-kinemaster-fhd.jpg

    1. Tekan tombol back. Lalu scroll lagi ke bagian paling atas. Klik Device Capability Information.

tips-video-full-hd.jpg

    1. Klik icon titik tiga di pojok kanan atas. Pilih High Res Mode.

agar-video-kinemaster-jernih.jpg

    1. Keluarlah dari aplikasi Kinemaster. Lalu restart HP Anda. Nah, sekarang Anda sudah bisa mengeskpor video berkualitas FHD di Kinemaster.

agar-video-kinemaster-bening.jpg

Selamat mencoba!