Tips Memotret Kembang Api dengan HP

Foto bisa menjadi buah kenangan terhadap pengalaman yang Anda miliki. Kelak beberapa hari, bulan, atau tahun kemudian Anda masih bisa merasakan pengalaman tersebut lewat foto yang sudah diambil sebelumnya. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa kamera ke mana pun Anda pergi. Untungnya sekarang semua handphone sudah dilengkapi dengan fitur kamera. Bahkan ada pula kamera ponsel yang kemampuannya setara dengan kamera DSLR.

Mendekati momen perayaan tahun baru ada satu acara yang sangat menarik perhatian. Tidak lain yaitu pesta kembang api. Satu per satu kembang api akan diluncurkan ke langit tepat pada pukul 00.00 tanggal 1 Januari. Seketika langit pun menjadi cerah dan berwarna-warni. Sungguh indah sekali. Itu sebabnya, Anda tidak boleh melewatkan momen yang indah tersebut. Anda wajib mengabadikan momen yang hanya terjadi setahun sekali ini menggunakan kamera HP.

tips-memotret-kembang-api.jpg

Agar foto yang diambil menggunakan HP terlihat bagus, Anda bisa mengikuti kiat-kiat berikut ini!

Jangan Aktifkan Flash

Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan flash saat memotret di malam hari. Flash sangat membantu Anda membuat foto dengan objek yang terlihat jelas. Sayangnya fitur ini jelas tidak Anda butuhkan untuk memotret kembang api. Keindahan objek ini berasal dari perpaduan antara kembang api yang sangat terang dengan kegelapan malam di sekelilingnya. Fitur flash justru akan mengacaukan pemandangan tersebut. Jadi Anda harus mematikannya.

Jangan Gunakan Autofocus

Autofocus juga tidak berguna pada saat Anda mengambil foto berupa kembang api. Mengapa? Alasannya karena kembang api meluncur dari posisi yang acak. Frekuensi peluncurannya juga rapat sekali dengan waktu jeda yang sangat cepat. Fitur autofocus pada handphone Anda tidak akan mampu menangkan objek tersebut. Daripada Anda mengharapkan fitur ini dapat bekerja baik, lebih baik matikan saja. Toh, nanti Anda bisa mengeditnya kalau sudah menangkap foto yang bagus.

Hindari Menyalakan Zoom

Memang lebih baik Anda tidak menyalakan fitur zoom kalau sedang memotret foto memakai kamera HP. Apalagi jika kemampuan lensa kamera pada HP Anda masih terbatas. Hal ini untuk mencegah penampilan foto yang diambil terlihat buram akibat Anda mengaktifkan fitur zoom ini. Sebagai gantinya, Anda harus mau maju dan mendekati tempat peluncuran kembang api. Pilihlah posisi sedekat mungkin tetapi masih memungkinkan Anda menangkap semua objek menarik yang ada.

Gunakan Resolusi Tertinggi

Walaupun kelihatannya sederhana, tapi faktanya tak sedikit pengguna HP yang lupa menyetel hasil tangkapan kameranya ke kualitas yang paling tinggi. Akibatnya setelah beberapa objek berhasil diambil lalu dilakukan pemotongan, hasil gambarnya pun menjadi terlihat buram. Hal ini disebabkan karena jumlah piksel yang menyusun gambar tersebut tidak terlalu banyak. Jadi sebagai pengingat saja, Anda perlu mengecek kembali pengaturan kamera HP sudah berada di resolusi yang paling tinggi.

Ambil Foto Sebanyak-banyaknya

Salah satu kelemahan kamera HP ialah Anda tidak bisa mengatur komposisi gambar yang akan diambil dengan bebas. Namun Anda tidak perlu berkecil hati dengan kelemahan tersebut. Sebab dengan sedikit keberuntungan, Anda masih bisa mengambil foto kembang api dengan kualitas yang sangat bagus. Perbesar potensi keberuntungan Anda dengan memotret objek sebanyak-banyaknya. Jangan batasi diri Anda. Semakin banyak foto yang diambil, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan foto paling bagus.

Pakailah Tripod untuk Hasil Terbaik

Udara malam hari yang dingin, angin yang berhembus kencang di luar, dan tenaga yang sudah capai bisa mengakibatkan hasil foto yang Anda ambil terlihat jelek. Bukan tidak mungkin hasil foto Anda terlihat buram akibat Anda tidak mampu menahan posisi HP supaya benar-benar stabil. Tangan Anda yang membawa HP terus bergerak kian kemari. Solusi untuk mencegah masalah ini agar tidak terjadi yaitu Anda bisa menggunakan tripod. Biarkan tripod yang tripod yang bertugas memegangi HP Anda.