Tips Trik Menghemat Pulsa HP biar Tidak Boros

Anda mungkin butuh tips dan trik menghemat pulsa HP? Manusia selalu membutuhkan orang lain di sekitarnya. Beruntung sekali karena kita hidup di zaman modern, di mana perangkat seluler genggam alias handphone sudah ditemukan. Berkat HP, kita tetap bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang kita kenal. Tidak peduli kapan pun dan di mana pun. Asalkan pulsa di dalam HP Anda masih mencukupi, maka Anda tetap bisa terhubung.

Pulsa dapat diibaratkan sebagai bahan bakar HP. Setiap kali kita menelepon atau mengirimkan SMS ke seseorang, maka pulsa kita otomatis akan terpotong sebagai biayanya. Begitu pula saat Anda berselancar di internet, Anda harus membayar pulsa dengan nominal tertentu atas data yang dikirimkan dan diterima oleh browser HP. Jadi pastikan kartu seluler di dalam HP Anda mempunyai pulsa yang cukup sehingga tetap bisa berfungsi optimal.

cara-menghemat-pulsa-hp.jpg

Penggunaan pulsa di HP Anda harus dihemat semaksimal mungkin supaya tidak memberatkan anggaran belanja bulanan. Namun menghemat yang kami maksud di sini bukan mengurangi, tetapi mengoptimalkan pemakaian pulsa untuk keperluan yang tepat. Berikut ini tips dan trik yang bisa Anda coba lakukan!

  1. Pilih Operator Seluler yang Pas

Saat ini ada banyak sekali operator seluler di Indonesia. Ada operator seluler yang mengutamakan kualitas layanan, namun operator lainnya mementingkan harga yang murah. Produk andalan yang ditawarkan pun bermacam-macam. Lantas kebutuhan utama Anda apakah telepon, SMS, atau internet? Sebaiknya Anda pilih operator yang paling pas dengan kebutuhan. Misalnya Anda setiap hari selalu berinternet, maka pilih operator yang unggul di internetnya.

  1. Beli Paket untuk Menghemat

Operator seluler terus melakukan inovasi terhadap biaya layanannya. Di samping tarif standar, para operator telepon ini juga menawarkan beragam paket hemat yang bisa dibeli oleh konsumennya. Apabila Anda berencana menggunakan suatu layanan secara ekstrem, Anda harus membeli paket terlebih dahulu. Haram hukumnya menggunakan tarif standar untuk pemakaian layanan yang ekstrem. Contohnya yaitu membeli paket 100 SMS seharga Rp 500, paket 60 menit telepon Rp 2000, dan sebagainya.

  1. Jangan Berlangganan Konten

Konten berlangganan akan menyedot pulsa Anda sebesar Rp 2000 setiap hari. Selain cuma memboroskan pulsa, konten semacam ini pun tidak memiliki faedah sama sekali. Jauhi konten berlangganan, di mana Anda harus mendaftarkan diri dengan mengirim SMS REG ke nomor telepon premium. Apabila Anda tidak sengaja mendaftar layanan ini, segeralah menonaktifkannya dengan mengirimkan SMS berisi UNREG. Anda bisa memperoleh informasi yang lebih murah lewat internet.

  1. Minimalkan SMS dan Telepon

Ada baiknya Anda mengalokasikan pulsa ke paket internet saja. Sebab kini sudah banyak aplikasi yang memungkinkan Anda mengirimkan SMS atau melakukan telepon dengan menggunakan tarif internet. Contohnya yaitu Whatsapp, Line, dan Messenger. Silakan kurangi frekuensi Anda menggunakan SMS dan telepon secara normal karena biayanya lebih mahal. Lebih baik pakai saja aplikasi-aplikasi pihak ketiga ini sehingga paket internet Anda yang digunakan sebagai biayanya.

  1. Maksimalkan Isi SMS

Sebaiknya Anda tidak melakukan chatting menggunakan layanan SMS. Bercakap-cakap lebih baik dengan aplikasi. SMS bisa Anda gunakan untuk memberikan informasi yang penting. Satu SMS biasanya berisi sekitar 150 karakter. Maksimalkan isi yang bisa ditampung oleh SMS ini sebaik-baiknya. Hindari mengirimkan SMS secara singkat seperti selamat pagi, apa kabar, atau terima kasih. Sebaiknya Anda langsung tuliskan maksud SMS Anda secara lengkap sehingga tidak membuang-buang karakter.

  1. Gunakan Browser Hemat Data

Di Play Store atau Apps Store banyak tersedia browser internet. Anda harus memilih browser internet yang sudah terbukti dapat menghemat pemakaian data sehingga paket internet Anda tidak cepat habis. Jangan instal browser yang boros data atau browser yang suka mengirim iklan semaunya. Rekomendasi kami untuk browser HP yang paling bagus adalah Chrome. Cukup instal Chrome saja dan hapus browser lainnya agar tidak membebani memori HP Anda.