3 Penyebab iPhone Mati Total, Apa yang Harus Dilakukan?

Smartphone kini sudah berkesmbang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi umat manusia di zaman modern. Hal ini dapat dibuktikan dari bakal terganggunya kehidupan manusia sekarang apabila tidak ada smartphone. Apple sebagai produsen dari iPhone sangat percaya diri terhadap smartphone ciptaannya. Walaupun harga iPhone jauh di atas harga rata-rata smartphone, faktanya ponsel pintar ini laris manis di pasaran. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan yang dimiliki oleh iPhone yang memang sangat canggih. Jadi harga ini sebenarnya sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan.

Anda juga mungkin sekarang sudah menjadi salah satu pengguna iPhone, iya kan? Anda patut berbangga hati karena iPhone termasuk salah satu produk smartphone dengan kualitas paling baik saat ini. Namun bukan berarti iPhone merupakan produk yang sempurna loh. Kenyataannya iPhone pun masih memiliki sejumlah kekurangan. Imbas dari kekurangan tersebut salah satunya adalah iPhone Anda dapat menjadi mati total. Lantas, apa sih penyebabnya?

Di bawah ini hal-hal yang dapat mengakibatkan iPhone Anda mati total, antara lain :

BATERAI HABIS TOTAL

Ini adalah penyebab paling sering kenapa suatu iPhone bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan kembali. Ketika energi listrik yang tersimpan di dalam baterai iPhone benar-benar habis, maka secara otomatis ponsel pun tidak bisa menyala karena tidak ada lagi tenaga yang bisa digunakannya. Satu-satunya jalan keluar adalah melakukan upaya pengisian ulang daya listrik ke baterai menggunakan charger. Anda mesti bersabar sebab proses charging baterai yang dimulai dari nol persen ini biasanya akan memakan waktu lebih lama. Kadang-kadang baterai yang habis total juga bisa berujung pada rusaknya baterai tersebut.

MESIN SUDAH RUSAK

Mesin di dalam iPhone yang mengalami kerusakan merupakan kemungkinan terburuk mengapa iPhone Anda tiba-tiba mati total. Kasus ini umumnya terjadi lantaran perangkat ponsel Anda sebelumnya terjatuh dari ketinggian, terendam air, terkena benturan yang keras, tertimpa beban cukup berat, dan lain-lain. Anda yang biasa meletakkan iPhone di atas kasur juga sebaiknya berhati-hati. Sebab apabila iPhone tersebut tertimpa tubuh Anda yang sedang tertidur dalam waktu cukup lama, maka mesinnya bisa menjadi rusak. Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan mengganti komponen-komponen yang sudah mati.

LAYAR IPHONE MATI

Jika Anda mendapati iPhone tidak bisa menyala, jangan lekas mengambil kesimpulan kalau smartphone tersebut sudah mati total. Sebab masih ada kemungkinan-kemungkinan lainnya yang bisa jadi lebih ringan. Misalnya cuma layarnya saja yang tidak bisa menyala. Sedangkan mesin iPhone sebenarnya masih aktif. Untuk memeriksanya, Anda bisa mencoba menghubungkan iPhone ke charger lalu tunggu selama 30-45 detik. Kemudian coba panggillah nomor telepon dan dengarkan nada sambungnya apakah ponsel tersebut masih aktif atau tidak. Anda juga bisa mencoba menghubungkan iPhone ke laptop. Perhatikan apakah iTunes mendeteksi keberadaan iPhone atau tidak.

Pada intinya, masalah iPhone yang mati total ini lebih disebabkan oleh kerusakan pada hardware atau perangkat keras. Sebab kalau cuma software-nya yang mengalami crash, iPhone seharusnya masih bisa menyala meskipun hanya bisa menampilkan logo Apple saja. Ada baiknya Anda menghubungi iBox sebagai distributor resmi iPhone untuk melakukan perbaikan atau mengklaim garansi produk jika masih berlaku.