Penyebab iPhone Tiba-tiba Mati dan Tidak Bisa Dicharge

iPhone merupakan salah satu smartphone paling bagus di dunia. Harganya yang mahal sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya. iPhone mempunyai banyak fitur-fitur mutakhir yang tidak dimiliki oleh ponsel pintar yang lain. Hal ini tidak terlepas dari sistem operasi eksklusif yang terinstal di dalamnya yaitu iOS. iPhone juga disusun oleh hardware canggih yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Tetapi meskipun iPhone termasuk smartphone yang cukup sempurna, ponsel pintar buatan Apple ini juga bisa mengalami masalah. Namanya produk buatan manusia pasti akan rusak seiring dengan berjalannya waktu pemakaian. iPhone yang mati secara tiba-tiba merupakan masalah klasik yang cepat atau lambat pasti akan menimpa ponsel Anda di masa yang akan datang. Masalah ini biasanya tidak didahului dengan tanda-tanda awal kerusakan.

Lantas, apa sih faktor-faktor yang bisa menjadi penyebabnya?

Kondisi Baterai iPhone Rusak

Anda harus tahu kalau semua masalah yang berhubungan dengan power HP, maka kemungkinan besar biang keroknya adalah baterai. Termasuk kasus iPhone yang mati secara mendadak bisa jadi baterailah penyebab utamanya. Baterai tersebut mungkin saja sudah rusak sehingga tidak bisa menyimpan energi listrik dengan baik. Untuk mengetahui baterai iPhone Anda masih layak pakai atau tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi battery life guna memeriksa kondisinya. Baterai yang sudah rusak mau tidak mau wajib diganti dengan yang baru.

Sistem Operasi yang Crash

Sekali lagi kami katakan kalau tidak ada satu pun sistem komputer di dunia ini yang benar-benar sempurna. Begitu pula dengan iOS yang menjadi sistem operasi iPhone. Walaupun iOS mempunyai performa dan fitur yang patut diacungi jempol, tetapi sistem operasi ini juga bisa mengalami crash. Penyebabnya sendiri bermacam-macam. Kami akan mengulasnya secara khusus di artikel selanjutnya. Untuk memperbaiki iOS yang sudah rusak, Anda perlu melakukan instalasi iOS kembali ke dalam iPhone melalui iTunes di laptop.

Aplikasi Pihak Ketiga Bermasalah

Jika Anda baru saja menginstal suatu aplikasi pihak ketiga, kemudian tiba-tiba iPhone Anda bermasalah. Misalnya iPhone mati secara mendadak, touch screen-nya menjadi tidak responsif, atau kinerja ponsel menjadi lemot. Maka kemungkinan besar aplikasi tersebut yang menjadi penyebab utamanya. Jadi untuk mengatasi masalah ini Anda cukup menghapus aplikasi tersebut. Caranya sentuh dan tahan icon aplikasi sampai keluar tanda silang. Setelah itu, sentuh tanda silang (x) untuk menghapus aplikasi yang dimaksud.