Tanpa Root! 7 Cara Mengatasi HP Sering Lag Saat Main Game

Kasus HP yang mengalami lag ditandai dengan layarnya yang tiba-tiba macet. HP tersebut berhenti beroperasi secara total sehingga tidak bisa digunakan lagi. Satu-satunya jalan keluar adalah Anda harus melepaskan baterai untuk mematikan HP secara paksa lalu menyalakannya kembali atau menunggu sampai HP tersebut mati dengan sendirinya karena kehabisan daya baterai.

Penyebab utama HP mengalami lag ialah kapasitas penyimpan di RAM sudah terisi penuh tetapi RAM terus dipaksa untuk menampung data. Akibatnya RAM pun mengalami masalah. Respons yang diberikannya berupa layar HP macet total atau HP restart dengan sendirinya. Untuk mencegah kejadian ini, Anda harus mengetahui seberapa besar kapasitas memori RAM di HP Anda. Anda harus mengatur penggunaan HP sesuai dengan kapasitas RAM.

Terdapat beberapa solusi untuk mengatasi HP yang sering lag.

Batasi Penggunaan Aplikasi

Anda harus bersikap mawas diri dengan menyadari bahwa HP Anda mempunyai RAM tidak terlalu besar. Sebisa mungkin hindari menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersama-sama (multitasking). Hal ini dapat membuat RAM terisi penuh hingga akhirnya berhenti bekerja. Gunakan saja aplikasi satu per satu. Bila Anda sudah cukup puas menjalankan aplikasi tersebut, silakan tutup. Kemudian buka aplikasi yang lain.

Instal Aplikasi yang Dibutuhkan

Buat RAM di smartphone Anda dapat bekerja secara ringan dengan membatasi jumlah aplikasi yang diinstal. Pasanglah hanya aplikasi-aplikasi yang memang Anda butuhkan. Hindari menginstal beberapa aplikasi yang fungsinya mirip. Pilih salah satu aplikasi yang Anda yakin memiliki kualitas terbaik. Apabila Anda merasa penasaran dengan suatu aplikasi tidak ada salahnya menginstal sebentar lalu menghapusnya.

Jalankan Format File yang Ringan

Ada beberapa tipe format file di dunia ini. Semakin besar volume tipe file tersebut biasanya kualitas yang dimilikinya pun semakin bagus. Tapi untuk HP dengan RAM yang terbatas ada baiknya Anda cukup memilih tipe file dengan kualitas standar saja. Hindari penggunaan tipe file yang tinggi sebab dapat mengakibatkan HP Anda ngelag. Contohnya dalam untuk file video, pilih tipe file yang berjenis mp4 atau avi.

Bersihkan File-file Sampah

Setiap perintah yang Anda berikan kepada HP umumnya akan menghasilkan file sampah. Keberadaan file sampah ini tidak bisa terlihat secara langsung karena menggunakan atribut tersembunyi (hidden). Anda harus membersihkan file-file sampah ini secara berkala supaya kapasitas memori HP kembali lega. Caranya melalui pengaturan aplikasi, Anda bisa membersihkan cache aplikasi satu per satu.

Pastikan Aplikasi Telah Didukung

Anda harus memastikan setiap aplikasi yang terinstal di HP benar-benar support. Khususnya soal RAM, di mana aplikasi yang bisa diinstal di HP Anda belum tentu bisa ditangani dengan baik oleh RAM. Masalah ini umumnya dipicu oleh game-game terbaru yang memiliki resolusi tinggi. Walaupun game tersebut bisa dipasang di HP, tetapi HP Anda akan lag jika menjalankannya karena RAMnya kurang.

Matikan Aplikasi yang Berjalan

Kendati Anda tidak membuka aplikasi sama sekali, tetapi memori RAM tetap terisi oleh aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan sendiri di belakang layar. Biasanya aplikasi yang demikian ini berasal dari kategori aplikasi pesan instan seperti Whatsapp, Messenger, BBM, dan Line. Jika Anda ingin membuka aplikasi lain yang cukup berat, sebaiknya hentikan paksa kinerja aplikasi pesan instan ini melalui pengaturan.

Hindari Memodifikasi HP

Semakin banyak modifikasi yang Anda lakukan pada HP, semakin penuh pula kapasitas RAMnya. Terutama modifikasi yang tampaknya sepele seperti mengganti tema, wallpaper animasi, atau font sebenarnya membutuhkan RAM yang cukup besar. Wajar saja HP Anda tiba-tiba menjadi lag sebab kapasitas RAM yang tersisa masih sedikit. Ada baiknya Anda tetap menjaga tampilan bawaan pabrikan supaya HP terhindar dari masalah lag.