7 Solusi Layar Sentuh (Touchscreen) yang Tidak Responsif

Mungkin Anda juga sedang mengalami masalah serupa, di mana layar HP Anda tiba-tiba menjadi tidak sensitif terhadap sentuhan. Layar tersebut tidak mau memberikan respons apa-apa meskipun Anda sudah berusaha menyentuhnya berulang-ulang kali. Anda harus menekannya cukup kuat barulah layar HP mau menangkap sentuhan Anda.

Sebagai pengguna, tentu saja Anda merasa kesel sendiri ketika mendapati HP menjadi tidak responsif. Anda pun mencoba mengetuk-ngetukkan HP tersebut dan berharap layarnya bisa berfungsi normal kembali. Tetapi apa daya hasilnya sia-sia belaka. Layar touchscreen smartphone Anda tetap tidak mau memberikan respons yang cepat saat Anda menyentuh salah satu sudut layarnya. Bagaimana sih cara mengatasinya?

Sebenarnya cara yang paling ampuh untuk memperbaiki layar HP yang tidak responsif yakni memasang touchscreen yang baru. Namun tidak ada salahnya Anda juga mencoba solusi lain terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya :

Biarkan HP Beristirahat

Biarkan HP android Anda beristirahat total selama 1-3 hari. Caranya padamkan HP tersebut, lalu lepaskan baterainya apabila memungkinkan. Simpanlah HP di tempat yang bersih, kering, dan aman. Hal ini akan membuat komponen-komponen HP yang sebelumnya melakukan kesalahan atau tidak bekerja menjadi normal kembali. Setelah waktu tunggunya cukup, Anda bisa mencoba menyalakan HP kembali dan lihat hasilnya.

Format Kartu Memori Eksternal

Salah satu penyebab layar HP tidak responsif ialah rusaknya kartu memori eksternal. Ciri-cirinya yaitu touchscreen kurang respons saat HP terpasangi kartu MMC, dan begitu kartu ini dicabut maka layar HP kembali responsif. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba melakukan format ulang terhadap kartu MMC tadi menggunakan komputer. Jika tetap tidak berhasil artinya kartu tersebut memang sudah rusak.

Periksa Kondisi Kartu SIM

Tanpa Anda sadari kartu SIM pun dapat mengakibatkan layar touchscreen menjadi tidak responsif. Kondisi ini umumnya terjadi lantaran kartu SIM yang error atau mengalami kerusakan. Silakan Anda bisa mengeceknya dengan melepaskan kartu SIM tersebut. Perhatikan apakah layar smartphone sekarang sudah responsif kembali? Jika iya, gantilah kartu SIM yang rusak ini ke kantor layanan provider seluler terdekat.

Kembalikan ke Pengaturan Awal

Ada kemungkinan kerusakan pada layar HP Anda diakibatkan oleh gangguan sistem. Contohnya seperti kasus sistem yang mengalami crash sehingga mengakibatkan salah satu fungsi HP menjadi tidak bekerja. Solusinya tidak lain adalah mengembalikan setelan HP ke pengaturan awal pabrik. Anda bisa melakukannya dengan hard reset melalui menu di recovery mode.

Update Sistem Operasi

Sistem operasi juga bisa menjadi salah satu biang kerok tidak responsifnya layar di HP Anda loh. Masalah tersebut biasanya terjadi lantaran adanya bug di dalam sistem operasi tersebut. Satu-satunya jalan keluar ialah melakukan update sistem operasi ke versi yang paling baru. Disarankan untuk mengupdate sistem operasi di jaringan WiFi cepat supaya koneksi internetnya lebih stabil. Jadi file-file yang dibutuhkannya pun terunduh dengan sempurna.

Bersihkan HP secara Menyeluruh

HP Anda menjadi tidak responsif mungkin saja dikarenakan oleh partikel-partikel debu dan kotoran yang menutupi permukaannya. Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan HP tersebut secara menyeluruh. Bongkarlah HP lalu keluarkan semua komponennya dengan hati-hati. Bersihkan komponen HP menggunakan kapas yang lembut satu per satu. Setelah selesai, Anda bisa merangkainya kembali seperti semula.

Ganti Layar HP Anda

Anda sudah mencoba semua solusi di atas tetapi kondisi layar HP tetap tidak responsif? Kemungkinan besar penyebabnya adalah layar itu sendiri yang memang sudah rusak. Mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan layar yang baru karena tidak ada jalan keluar lainnya lagi. Pilihlah sparepart produk layar HP yang original sehingga mutunya lebih terjamin. Sebisa mungkin hindari sparepart abal-abal sebab Anda tidak tahu pasti bagaimana kualitasnya.